• Admin

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia



Sepuluh Desember 2020 adalah hari yang tepat untuk mengingat, kita semua lahir sebagai manusia yang sepenuhnya merdeka.

 

Juga untuk mengingat bahwa pandemi berkecamuk sepanjang tahun. Dan memukul keras semua yang paling lemah: orang lanjut usia, orang yang digerogoti penyakit, yang organ tubuhnya macet; yang menyambung hidup dari pendapatan harian, yang rumahnya digusur, yang tidak punya pasokan air bersih, yang tidak mampu ber-KTP lalu tak tercantum dalam daftar penerima bansos; dan mereka yang tidak punya uang untuk sekedar membeli sabun cuci tangan, apalagi mengongkosi anak-anaknya untuk belajar online.

 

Sepanjang tahun pula kita menyaksikan ribuan orang yang ditendang dari kerja pabrik, yang hidup dalam ketakutan di tengah ladang-ladang sawit terpencil, anak-anak kecil berkeliaran di antara lubang-lubang tinggalan tambang batubara, serta keluarga nelayan dan tani yang akan melahirkan orang miskin generasi berikutnya.

 

Sepanjang tahun ini pula kita masih menyaksikan kesewang-wenangan aparat membungkam kebebasan berpendapat; dan perilaku lancung pengurus negara yang membikin aturan serampangan dan menilep uang rakyat.

 

Sepuluh Desember 2020 adalah hari yang tepat untuk mengingat, kita semua lahir sebagai manusia yang sepenuhnya merdeka; mampu belajar bertoleransi dan bersolidaritas, yang boleh memperbaiki demokrasi, dan tidak ingin berhenti menghargai kemanusiaan.


Born Free Life Free Stay Free


#humanrightsday

#harihamsedunia

#membelayangterpinggirkan

#jakergotongroyong


13 views0 comments