• Admin

Donasi Jaker Gotong Royong untuk Para Pekerja Migran Indonesia yang dideportasi selama Masa Pandemi


Hasil pengumpulan donasi yang dikumpulkan oleh Jaringan Kerja Gotong Royong selama Bulan Agustus untuk membantu para Pekerja Migran kita yang terusir dari Sabah, Malaysia tercatat sebesar Rp 3.450.000.


Hasil ini akan diberikan langsung kepada Solidaritas Perempuan Anging Mamiri (SPAM) untuk membantu mengobati luka, Penyakit Kulit serta membantu Ibu serta anak anak yang menderita selama berada di tempat penampungan sementara (PTS).


Uang ini diserahkan secara langsung oleh perwakilan Jaker Gotong royong kepada SPAM di Makasar pada tanggal 12 September 2020. Perwakilan Jaker Gotong Royong memberikan secara langsung sembari melihat kondisi deportan.


Pengamatan hasil observasi tim pencari fakta yang terdiri dari Jaker Gotong Royong dan Koalisi Buruh Migran Berdaulat menemukan fakta bahwa kebutuhan paling urgen adalah pengobatan dan kebutuhan bayi di Nunukan (Kalimantan Utara). Gelombang kedatangan deportan yang sudah sampai 2 hari lalu sebanyak 266 orang, 18 diantaranya bayi dan anak sehingga diputuskan Koalisi Buruh Migran Berdaulat untuk mengirimkan uang hasil donasi ke Nunukan untuk aksi cepat tanggap bagi para deportan yang berada di Penampungan BP2MI Nunukan tempat deportan sementara ditempatkan sampai mereka dipulangkan kedaerah mereka berada.


Hal ini tentunya makin menggugah hati karena kondisi pengusiran pekerja migran ini disertai dengan fakta bahwa penyiksaan dan kondisi ini akan berlanjut maka segera diperlukan upaya penggalangan dana lanjutan yang dikhususkan untuk membantu deportan mengobati penyakit mereka serta kebutuhan ibu serta anak.


Dengan hal itu maka uang hasil donasi akan diberikan kepada Anggota Koalisi Buruh Migran Berdaulat yang berada di Nunukan. Uang ini dibelanjakan untuk membeli obat kulit berupa antibiotik, salep, serta sabun. Sedangkan untuk bayi dan perempuan akan dibelikan susu serta popok bayi. Gelombang Deportasi ini akan terus berlanjut bagi kawan kawan yang masih ingin berbagi silakan hubungi kami.


PANJANG UMUR SOLIDARITAS


Tertanda :


JARINGAN KERJA GOTONG ROYONG DAN KOALISI BURUH MIGRAN BERDAULAT.


Makasar, 12 September 2020

5 views0 comments