• Admin

Anak Dengan HIV Positif, Siapa Keluarganya?


Diskusi ini diikuti oleh para penggiat dan ibu yang HIV positif. Pencegahan penularan dari ibu ke anak (PPIA) masih menjadi hal yang menarik untuk di bahas karena masih adanya stigma dan diskriminasi untuk Anak yang hidup dengan AIDS (ADHA). Problem anak yang terkena stigma dan diskriminasi ini terjadi di semua lingkungan sosial seperti sekolah, layanan kesehatan, dll. Ironisnya sampai saat ini di Indonesia obat Anti Retro Viral (ARV) untuk anak masih sangat terbatas, ini yang menjadi masalah karena anak yang sudah menjalankan terapi pengobatan Arv masih menggunakan obat dewasa dengan dosis yang di tentukan oleh berat badan anak.


Masalah besar lainnya dalam hal ini adalag orang tua belum berani untuk membuka status HIV nya kepada anak.Berbagai Pertimbangan seperti Kasihan,Orang tua sering sulit menjelaskan kepada anak mengenai statusnya .Lambat laun anak menjadi dewasa dan tentunya orang tua mulai harus menyiapkan upaya upaya membuka komunikasi dengan anak untuk menjelaskan statusnya. Diskusi ini kemudian berbagi tips dan menguatkan untuk terus mencari eksplanasi yang baik karena percaya bahwa status hiv positif tidak akan menyebabkan anak menjadi berbeda dengan anak anak lainnya. Upaya edukasi antar ibu,komunitas dan Lembaga Pendidikan perlu terus diupayakan terus berjalan agar lingkungan aman dan ramah bisa terwujud.Satu hal lagi yang tentunya sangat penting adalah mempersiapkan anak supaya bisa mandiri dan menerima status HIV nya.


2 views0 comments

Recent Posts

See All

PELATIHAN DASAR MENANAM SAYURAN

Oleh : Supinah ( konsultan sayuran) Materi dasar penanaman sayur cara sederhana A. Penanaman. 1. Cara menanam hidroponik menggunakan WICK Cara menanam hidroponik ini juga tidak kalah terkenal dengan c